Di sistem kelistrikan kendaraan, ada yang namanya sistem pengisian.
Ketika mesin beputar, dengan otomatisnya Alternator atau spul akan menghasilkan listrik dan membagikannya ke Regulator, lalu di regulator arus akan di rubah dari AC menjadi DC. Arus litrik tersebut akan di bagikan lagi, salah satunya ke Baterai.
Sehingga baterai dapat mempertahankan kondisinya.
Saya akan sedikit menceritakan tentang pengalaman yang saya alami.
CBR 150R yang versi Cbu alias buatan thailand.
Jadi ceritanya gini,
Konsumen datang ke bengkel saya, konsumenya mengeluh bahwa :
- Motornya mogok alias susah dinyalakan.
- Tidak bisa di starter padahal baru ganti baterai.
- Motornya sering mogok.
- Di gas brebet.
Setelah itu saya cek kondisi motornya.
Di bawah ini adalah langkah-langkah saya mengecek atau menganalisa motornya.
- Saya memeriksa bagian yang mudah terlebih dahulu yaitu baterai. Periksa baterai dengan menggunakan baterai tester atau bisa juga Multitester, saya anjurkan yang digital agar hasilnya tepat. Untuk cara memeriksanya Cara mengukur Tegangan Pengisian
- Setelah saya periksa Pengisian baterainya ternyata Baterai tidak terisi dengan baik. Baterai mengisi namun tidak normal, untuk mencapai tegangan 13V pun seresah mustahil.
- Singkat cerita, Saya cek kebocoran Arusnya. Saya cek tidak ada masalah.
- periksa yang mudah dulu ya.
- Saya pun memeriksa rangkaian kabel dari Baterai menuju regulator atau kiprok. Dan tidak lupa saya memeriksa kunci kontak. Kondisi konektor atau soket-soket. Alat-alat yang kita pakai bisa jadi ntar penyakitnya nggak ketemu, eh malah yang rusak Peralatan kita, jadi konyol kan.hehehehe....
- Nah Akhirnya, setelah saya periksa bagian yang ini
Karena Cbr 150 r thailand menggunakan sistem pengisian gelombang penuh Tiga phase.
Kan di Alternatornya ada 3 kabel yang warnanya sama yaitu Black. Di salah satu kabelnya saya cek tahanannya tidak sesuai standar.
Tidak pikir panjang lagi saya buka bagian Alternatornya "DAAAR" ternyate ini die masalahnya. Sedikit gosong di bagian Kumparanya.
- SAYA SARANIN GANTI YANG BARU SATU BAGIAN DENGAN SENSOR CKPNYA. Harganya kisaran 1,4jutaan. Dan barangnya kebetulan saya tidak nyetock. Saya saranin pesen tapi waktunya kira2 1 bulanan.
Karena yang punya motor tidak bisa nunggu selama itu. Dengan terpaksa saya sarankan Alternatornya tak upahin di lilit ulang, atas permintaan yang punya motor.
Setelah selesai di lilit ulang. Saya cek tahanannya. Semuanya bagus.
Rakit ulang . Dan periksa lagi Sistem Pengisiannya.
Jreenng Rpm 5000 Baterai terisi 14 volt dengan lancar.
Sebelumnya kan mau ngisi ke 13V aja susah bener. Ini gak usah di puter gasnya dah naek tu 13volt. Mantep kan.
Cerita di atas merupakan pengalaman pribadi saya.. maaf kalau ada salah2 kata. Karna saya bukanlah komputer yang bisa meralat yang salah ketik hhahaha..
Semoga Bermanfaat.
22 komentar
Gan motor ane kan cb150r nih, ane baru ganti aki cuman 1 x starter dia dan dipke jarak jauh motor mati trus dan jg aki tdk gi berfungsi, lampu klkson sen dll. Sekalinya hidup hrus digas, sekalinya dikendorin mati gi, klo dri kiprok gda yg kebakar dan di spool jg gda yg kebakat kira2 apa ya gan thx
ReplyGan motor ane kan cb150r nih, ane baru ganti aki cuman 1 x starter dia dan dipke jarak jauh motor mati trus dan jg aki tdk gi berfungsi, lampu klkson sen dll. Sekalinya hidup hrus digas, sekalinya dikendorin mati gi, klo dri kiprok gda yg kebakar dan di spool jg gda yg kebakat kira2 apa ya gan thx
ReplyMotor ane jga gitu gan.ane punya di sokett gan. Gosongg
Replysama banget ama ane ni gan.. pencerahan dong suhu
Replycara ngelilit nya gimana bang ?
ReplyNah kalau pengalaman saya mas, setelah di lilit ulng ketahanan spull hanya 2-3 bulan setrlah itu terbakar lgi. Saya sudah 3 kali melakukan lilitan ulang. Hari ini keluhan motornya sama lagi, dan saya duga spull nya kebakar lg. Itu kenapa seperti itu ya? Mohon bantuannya? Oh iya, pertanyaan dasar. Apa / kondisi apa yg dapat menyebabkan spull gosong seprti itu? Thaks
ReplyApa udah di pastiin spul ya masalahnya? Bukan karna sikring atau koil
Replyinfo yang bermanfaat sekali, saya kagum terhadap tulisan anda bagaimana cara anda meyampaikan sangat lugas dan mudah di fahami saya juga pernah menulis tentang wiring diagram cbr dan saya harap bisa bermanfaat seperti tulisan anda seperti ini. maju terus dunia otomotif.
Replymantab bro,kebetulan nih cbr 150 nya lagi ngadat ga mau ngisi aki hehehe
Replygan motor ane cbr 150 CBU, kenapa ya gan kalo motor ane pas mesin panas kaya bau gosong dan di gas kempos ga ada tarikan, kalo mesin mati bensin ngucur dari pembuangan Karbu. mohon pencerahannya gan?
Replyudah masuk bengkel sana sini belom ada perubahan gan?
Mantap bro. Thanks.
ReplyNumpang bertanya, motor saya keluhan sama seperti itu tpi kondisi spull msih bagus dan kiprok bagus tpi knp Aki motor saya slalu habis dan tdk bisa stater.
ReplyKondisi motor seperti ini yg saya bingungkan padahal sudah ganti kiprok dan spull tpi ttep aja aki nya tekor
Gimana ini motor saya pengapianya ngak ada,sekring ngak ada yang putus,tapi tetap ngak ada pengapin
ReplyBang motor aku cb150r kabel spul api dan kabel soket kiprok terbakar terus menerus bahkan sampai hangus bang,,itu kira2 kenapa yah.Padahl udah ganti spul kiprok dan aki juga.
ReplyAda yg bisa hulung ulang
ReplyGan motor sya bisa 14,8v itu normal ap tidak yaa
ReplyGood
Replykiprok, spul, sudah di cek aman. udah ganti aki yang normal awalnya jalan selang beberapa hari tekor lagi.
ReplyTerima kasih infonya agan2 manfaat sekali bagi saya pengguna CBR old.hihi saya langsung praktek dan hasilnya memuaskan.thank
ReplyGan maaf ganggu...CBR saya udah ganti spul ma kiprok baru.tapi dites tgngn aki cma 11 go mau naik. Mohon pncrhny gan 🙏🙏
ReplyAda yang udah dapat solusinya? Saya punya kendala yg sama honda all new cb150sf 2015 sekarang bermasalah disangsikan aki, org bengkel bahasa wahana bilang harus ganti sepul sm kiprok, cuma harganya kan tinggi, apa ada solusi nya?
ReplyPost a Comment